Senin, 11 Februari 2013

Dari Tangkuban Perahu Ke Kawah Putih

Dari Tangkuban Perahu Ke Kawah Putih
Kawah Tangkuban Perahu
Kali ini saya posting cerita perjalanan saya sehari menikmati sebagian wisata Bandung,udah lama sih tahun 2010 lalu,tetapi baru sempat posting. Setelah selama empat hari berkutat dengan acara yang berkaitan dengan pekerjaan tibalah saatnya untuk menikmati sebagian wisata disekeliling Bandung yang sudah lama ingin saya lakukan.

 Sengaja saya dan teman teman extend selama 2 hari di Bandung, dan kebetulan pula ada seorang teman yang baik hati mengajak kami semua menginap di rumahnya,tentu saja kami semua senang karena memang sudah lama sekali kami tak bertemu, dan yang penting lagi tak perlu repot cari hotel ,apalagi setelah kami utarakan niat untuk wisata keliling Bandung mendapat dukungan penuh, bahkan mau mengantar kami semua jalan jalan.

Pagi setelah sarapan kami semua bersiap untuk berangkat, dengan mengendarai Kia Pregio tujuan pertama kami adalah Planetarium Boscha, tak sampai satu jam kami sampai di tempat itu, namun sayang tidak bisa masuk untuk mengintip langit, karena memang pada hari itu bukan waktunya kunjungan untuk umum,kami baru tahu kalau mau kesana ada hari hari tertentu dan lebih baik lagi kalau membuat appointment dengan pihak Planetarium Boscha, kita bisa browsing tentang jadwal dan kontak kunjungan ke Boscha. Akhirnya kami harus puas menikmati dari luar bangunan yang menurut kami unik,tak apalah toh pemandangannya cukup menarik.
Planetarium Boscha
Setelah puas berfoto ria perjalanan kami lanjutkan ke Kawah Papandayan,selama perjalanan kami menikmati pemandangan di kiri kanan jalan yang cukup indah dengan jalanan yang berkelok kelok. Bagi saya ini kali kedua kunjungan ke kawah gunung Papandayan,setelah yang pertama kira kira tahun 2001, namun suasananya hampir tak ada yang berubah, penjual aneka cenderamata, tetap pada posisinya disertai angin yang cukup kencang dan tentu saja hawa yang sangat dingin menjadi ciri khas tempat ini.

Puas menikmati kawah papandayan bergegas kami meluncur ke arah selatan Bandung, tujuan kami Kawah Putih. Di Bandung selatan.

Kali ini perjalanan cukup jauh,dan harus melewati kemacetan kota Bandung yang pada siang itu cukup lumayan,namun lepas dari kota kami mendapat pemandangan hamparan sayur mayur yang indah dan menyejukkan mata di kiri kanan jalan ke arah Ciwidey hingga akhirnya kami tiba di gerbang masuk kawah putih yang sudah tutup, tetapi masih ada petugas jaga sehingga kami memaksa untuk tetap masuk, dan setelah nego dan membayar ongkos masuk Rp 75.000,00 per orang akhirnya kami di ijinkan, semula kami kira sebentar saja sudah tiba di lokasi eh ternyata masih jauh, perjalanan naik gunung kurang lebih setengah jam sebelum akhirnya kami sampai di pelataran parkir dekat kawah.
Kawah Putih
Disambut udara dingin yang menusuk dan gerimis membuat kami cukup menggigil, apalagi waktu yang diberikan oleh petugas yang juga tertulis di papan peringatan tidak boleh lama lama di dekat kawah,mengingat resiko keracunan dari asap belerang yang menyengat baunya.

 Akhirnya kami setengah berlari menuruni jalan yang telah di plester untuk menuju kawah putih, lebih tepat kami menyebutnya sebagai danau kawah,karena memang suasananya seperti danau yang airnya berwarna putih.

Setelah puas jeprat jepret sana sini, bergegas kami kembali ke mobil untuk segera turun gunung,waktu sudah menjelang magrib hingga akhirnya tiba di gerbang masuk pertama hari sudah gelap,tetapi perjalanan belum selesai, malam itu kami putuskan untuk berendan di mata air hangat yang lokasinya tak jauh dari gerbang pertama tadi, jadilah kami berendam sampai jam Sembilan malam untuk relaksasi setelah seharian melakukan perjalanan yang mengesankan, tak lupa beli strawberi untuk oleh oleh.

 Tiba dirumah teman saya sudah pukul 11 malam, kami semua memutuskan tak tidur karena jan 1.30 dini hari harus berangkat ke terminal bus Primajasa menuju bandara Soekarno Hatta di Jakarta, karena pesawat kami berangkat jam 8 pagi.

Liburan singkat tetapi kami semua puas dan cukup membuat kami semakin bersemangat untuk masuk kerja senin besok. Mudah mudahan bisa menginspirasi kawan kawan yang mau menikmati wisata di sekitar Bandung dengan waktu yang singkat, sehari.
Berpose sejenak
Tips dan Estimasi Biaya

Tips

- Bawa jaket
- Berangkat pagi-pagi agar sampai di kawah putih tak terlalu sore,karena                biasanya mendung,serta punya waktu yang cukup untuk makan siang dan beli    oleh oleh.
- Rute : Boscha – Papandayan - kota/oleh-oleh - Kawah Putih - Pemandian air          panas Ciwidey

Estimasi Biaya

 - Sewa Mobil (untuk 8 – 10 orang ) Rp 400.000,00 - Ongkos Masuk Kawah Putih / orang Rp 75.000,00 - Ongkos masuk Kolam Air hangat /orang Rp 7.000,00

2 komentar: